Hal-Hal Khusus Pada Joging Air

Memeriksa Apung:
Sebelum Anda masuk ke kolam renang, periksa Water Jogging Belt Anda untuk memastikan posisinya benar, cocok dan pas di badan, dan sabuk tidak kendur. Masuklah ke kolam renang dan pegang dinding samping kolam saat Anda menggerakkan kaki Anda tepat di bawah Anda. Dorong menjauh dari sisi kolam renang dan periksa permukaan air. Anda memiliki daya apung ketika kepala Anda  nyaman keluar diatas permukaan air saat Anda secara lembut menjejak air.

Menggunakan Tali:
Sebuah tali penambat dapat membantu Anda dalam mempertahankan posisi tubuh yang benar di kolam renang dan / atau meminimalkan Anda maju ke depan di daerah terbatas. Anda dapat melampirkan satu ujung tali di sabuk  Water Jogging Belt seperti pada (gambar 3) dan ujung yang lain di tangga kolam renang, atau benda berat di samping kolam renang. Brennan suka menggunakan dua tali berulir yang dimasukkan ke 2 lubang di bagian belakang Water Jogging Belt untuk meningkatkan stabilitas datar.

Pemanasan / Pendinginan:
Lakukan Pemanasan sebelum latihan dan Pendinginan setelah latihan, masing-masing selama 4-5 menit dengan beberapa aktivitas yang sangat ringan diikuti oleh beberapa peregangan. Buat semua gerakan halus dan tetap santai.Bila memungkinkan, ukur pulsa Anda secara berkala selama latihan dan  coba  gunakan skala RPE (Rating of Perceived Exertion) untuk memantau intensitas Anda.

Air Dalam dan Air Dangkal:
"Air Dalam" adalah air yang cukup dalam dimana kaki Anda tidak menyentuh dasar kolam ketika berdiri dalam posisi tegak dengang menggunakan Water Jogging Belt.

"Air dangkal" mengacu pada kedalaman air yang berkisar dari pinggang sampai bahu Anda, memberikan Anda pilihan untuk menyentuh dasar kolam setiap saat. Water Jogging Belt dapat digunakan secara efektif sebagai "Pembantu daya apung" dalam melakukan berbagai aktivitas latihan di air dangkal.

Sisi Kolam Renang
Penting bagi Anda untuk menguasai teknik berlari di dalam air secara  benar sebelum memulai program latihan Anda. Ini dapat dilakukan dengan bantuan seseorang yang berdiri di sisi kolam renang yang membaca petunjuk "Teknik Berlari di Dalam Air" dan memberikan umpan balik tentang bagaimana Anda melakukannya. Jika hal ini tidak mungkin, cobalah dengan membaca dan mengingat "Teknik Berlari di Dalam Air" dan berlatih sendiri mulai dari dasar. Mulailah dengan pelan dan mudah, dan periksa teknik Anda. Sedikit demi sedikit tingkatkan kecepatan dan periksa teknik Anda sebelum menambah kecepatan lebih tinggi lagi. Lanjutkan sampai Anda mencapai batas kemampuan Anda tanpa keluar dari teknik yang benar. Ketika Anda menguasai level ini, Anda siap untuk memulai program latihan Anda.

Pembebanan:
Keajaiban air memungkinkan Anda untuk semakin menambah berat badan atau beban di tubuh. Dengan memvariasikan kedalaman air, Anda bisa memvariasikan beban atau impak yang Anda gunakan pada tubuh Anda. Ketika Anda maju dan turun ke bawah, Anda meningkatkan beban pada tubuh saat naik nanti. Menggunakan kedalaman variabel sangat berguna ketika sudah pulih dari cedera atau ketika Anda sudah memiliki sesi latihan keras dan Anda perlu untuk membentuk tubuh. Pelatihan pada kedalaman variabel sering dapat membantu mencegah cedera dan merupakan prosedur lintas-pelatihan yang sangat baik.

Bepergian:
Di kolam renang di mana Anda harus berbagi ruang, lakukan latihan dengan bergerak maju dalam garis lurus dan berbelok membuat persegi empat yang bagus. Pertama, bergerak menjauh dari sisi kolam renang dalam garis lurus dengan tetap menjaga postur yang baik. Ingat, sebagian besar usaha Anda harus dihabiskan dengan mengayuh kaki dan tangan bukan untuk bergerak maju. Ketika Anda sampai ke tikungan pertama dari persegi Anda, mengambil giliran kuartal ke kanan dan terus bergerak dalam garis lurus.

Di sudut kedua kolam, belok lagi ke kanan dan lanjutkan ke depan sambil memfokuskan pada titik di sisi kolam renangdi depan Anda. Ini akan membantu Anda mempertahankan bergerak dalam garis lurus. Di sudut ketiga kolam, belok kanan lagi dan lanjutkan lurus ke depan sampai Anda mencapai titik awal.

Anda telah menyelesaikan satu putaran trek dan melintasi daerah latihan Anda. Untuk variasi, cobalah perjalanan di arah yang berbeda atau menggunakan bentuk persegi panjang jika Anda memiliki ruang.

TOKO ONLINE



    Tentang Water Jogging Belt

    Page Count

    About Me

    Hillon I. Goa, Konsultan & Trainer: Transformasi Bisnis/Organisasi Publik, Manajemen Perubahan dan Leadership In Crisis.

    Alamat: Kec. Pinang - Tangerang
    Telp. 08129323182
    Email: hillon@consultant.com


    Hillon I. Goa