Joging di Air Untuk Pelari

Oleh Coach Jeff
Coach Jeff adalah pelari marathon dengan rekor 2:22" dan sudah melatih lari sejak 7 tahun terakhir. "Saya suka melatih dan senang menerjamahkan teori latihan teknik tingkat tinggi ke jadwal pelari yang saya latih. Saya tidak percaya formula "rahasia" atau sistem pelatihan yang "paten", hanya kepelatihan yang pandai, adaptif dan berpengalaman", tuturnya.
Berikut ini tulisannya tentang Joging di Air:

Mengalami cedera memang menyebalkan. Tidak peduli apakah Anda seorang pelari elit yang mampu melahap 192 km per minggu atau Anda sedang berlatih untuk 5 K; absen secara fisik dan emosional adalah hal yang sulit diterima.
Sayangnya, cedera juga sangat umum.  Jay Dicharry,  ahli bio-mekanik terkemuka, memperkirakan bahwa 82% pelari akan mengalami cedera di beberapa titik dalam karir mereka berlari. Jadi, kemungkinan itu dapat terjadi pada Anda juga.

Para ahli menyarankan bahwa 85% pembaca artikel ini cenderung mengalami cedera, saya pikir sudah waktunya untuk melihat hasil penelitian dan ilmu pengetahuan tentang manfaat salah satu metode pelatihan silang yang paling efektif untuk pelari, yakni Joging di Air. Lebih penting lagi, saya akan berbagi beberapa latihan yang seru, yang akan membantu Anda tetap fit meski harus absen karena cedera.

Apa Itu Joging Air
Joging air adalah bentuk berlari di air dalam yang meniru gerakan berlari yang sebenarnya. Kaki Anda tidak benar-benar menyentuh dasar kolam, sehingga nihil impak dan aman untuk hampir semua jenis cedera. Dalam pengalaman saya, satu-satunya waktu untuk menghindari joging air hanyalah ketika Anda mengalami cedera pinggul fleksor, yang dapat diperburuk oleh peningkatan resistensi air saat Anda menarik kaki Anda ke atas.

Karena joging air meniru persis bentuk berlari alami, ia menyediakan latihan neuromuscular yang, selain manfaat aerobik, membantu menjaga otot-otot berlari tertentu tetap aktif. Hal yang sama tidak didapatkan dari bersepeda dan berenang.

Satu-satunya kendala joging air adalah bahwa Anda perlu kolam yang cukup dalam untuk berlari tanpa menyentuh dasar kolam. Jika Anda cukup beruntung untuk memiliki akses ke kolam renang air dalam, joging air harus menjadi pilihan pertama  latihan-lintas (cross training) Anda.

Bagaimana Cara Ber-Joging di Air?
Joging air yang baik harus meniru persis gaya berlari Anda di darat. Anda perlu merendamkan diri di kolam renang air dalam dan menggunakan sabuk joging air jika Anda seorang pemula atau bukan perenang yang baik. Sabuk joging air adalah alat yang bagus, untuk berlari dan melakukan exercise di dalam air
.
Kunci untuk ber-joging air yang baik adalah menjaga tubuh bagian atas lurus dan tidak doyong terlalu ke depan, sedikit berbeda dari postur normal Anda berlari. Anda harus berlatih mengangkat lutut lebih tinggi dan lebih menendang kembali dibandingkan dengan berlari di darat. Ini akan memungkinkan Anda untuk tetap tegak dan juga memungkinkan Anda untuk melakukan kegiatan berlari lebih keras. Lihat gambarnya disini.

TOKO ONLINE



    Tentang Water Jogging Belt

    Page Count

    About Me

    Hillon I. Goa, Konsultan & Trainer: Transformasi Bisnis/Organisasi Publik, Manajemen Perubahan dan Leadership In Crisis.

    Alamat: Kec. Pinang - Tangerang
    Telp. 08129323182
    Email: hillon@consultant.com


    Hillon I. Goa