Manfaat Berlari di Dalam Air - Joging Air, Bagi Pelari

Oleh Coach Jeff
Hasil penelitian menunjukkan bahwa joging air dapat membuat pelari yang terlatih baik tetap menjaga kebugaran lari hingga 4 - 6 minggu.

Dalam sebuah studi, suatu kelompok 10 pelari secara eksklusif dilatih dengan berlari di air dalam selama 4 minggu dan membandingkan waktu tempuh lomba 5 km mereka sebelum dengan sesudah latihan berlari di dalam air. Para peneliti mendapati tidak ada perbedaan secara statistik atau tanda-tanda performansi lainnya seperti konsumsi oksigen submaksimal atau ambang laktat.

Dalam penelitian kedua, peneliti mengukur efek joging air selama enam minggu. Kali ini, 16 pelari dipisahkan menjadi dua kelompok - Kelompok pertama melakukan latihan jiging air dan lainnya melakukan latihan berlari di darat. Menggunakan intensitas pelatihan dan jangka waktu yang sama, para peneliti tidak menemukan perbedaan diantara kedua kelompok dalam glukosa darah maksimal, laktat darah, dan komposisi tubuh.

Akhirnya, penelitian juga telah menunjukkan bahwa joging air dapat digunakan sebagai alat pemulihan untuk memfasilitasi perbaikan otot yang rusak setelah latihan keras. Temuan ini membuat joging air menjadi alat pemulihan penting sebagai tambahan metode pelatihan lintas yang optimal.

Bersambung disini: Contoh Latihan Joging Air

TOKO ONLINE



    Tentang Water Jogging Belt

    Page Count

    About Me

    Hillon I. Goa, Konsultan & Trainer: Transformasi Bisnis/Organisasi Publik, Manajemen Perubahan dan Leadership In Crisis.

    Alamat: Kec. Pinang - Tangerang
    Telp. 08129323182
    Email: hillon@consultant.com


    Hillon I. Goa