Panduan Latihan untuk Kaki dan Badan

Berjalan dan Berlari:


Posisikan tubuh Anda dengan kepala, bahu, pinggul, dan kaki sejajar secara vertikal. Dengan menggunakan gerakan lari / berbaris, koordinasikan gerakan kaki dan lengan Anda seperti dalam berlari. Berbagai macam gerakan lari atau berjalan bisa and gunakan.




Cross Country Ski
Tubuh tegak lurus, kaki dan lengan lurus. Gunting kaki ke depan dan ke belakang dari pinggul, mengarah ke ujung jari kaki Anda. Koordinasikan lengan dan tungkai seperti pada jalan main ski (Cross Country Skiing).





Tendangan Duduk:
Duduklah seolah di kursi bersandaran tegak  dengan paha Anda mendatar stabil. Kaki bergantian, menendang keluar dari lutut, lalu tarik tumit ke belakang seolah mencoba menendang pantat. Cobalah membuat air mendidih di depan Anda.



Kaki Lurus Sentuh Jari:

Tubuh berada dalam posisi vertikal. Jaga kaki tetap lurus, angkat setiap kaki di dekat permukaan dan kembalikan ke posisi semula. Bergantian ke kiri dan ke kanan, jangkau jari kaki dengan lengan berlawanan sementara lengan yang lain arahkan ke belakang Anda. Ini adalah gerakan yang berat dan tidak direkomendasikan untuk penderita sakit punggung.







Mengangkangi Ban:
Langkah ini mirip dengan latihan sepak bola yang berjalan mengangkangi dua ban sejajar. Tubuh terbuka dan vertikal. Kangkanglah kaki Anda dan tekuk saat Anda bergantian mendorong ke bawah dengan masing-masing kaki.





Buka dan Tutup:

Mulailah dengan postur vertikal, lengan dan kaki lurus, dengan jari kaki mengarah ke bagian bawah kolam. Buka dan tutup lengan dan kaki dengan mengulurkan tungkai lurus ke sisi tubuh Anda dan kembali ke posisi semula.






Panjat tebing:

Latihan tubuh penuh seperti berlari tetapi gerakannya seperti memanjat tangga secara mendatar. Raih ke depan dengan satu tangan ke dalam air lalu tarik melewati pinggul Anda. Bawa lutut kaki yang berlawanan ke arah dada dan, pada saat yang sama, dorong kaki lainnya lurus ke belakang sejauh-jauhnya.


Kembali ke: