Terapi di Air untuk Osteoarthritis (Radang Sendi)

Latihan merupakan bagian tak terpisahkan dari program perawatan arthritis (radang sendi), karena membantu memperkuat dan menstabilkan sendi serta mencegah kerusakan lebih lanjut. Bagi pasien yang menderita osteoarthritis juga sering disebut kondisi degeneratif sendi, rasa sakit yang ditimbulkan bisa terasa tak tertahankan. Terapi air adalah pilihan yang sangat baik untuk pasien dengan osteoartritis lutut, osteoarthritis pinggul, dan osteoarthritis tulang belakang karena berkurangnya tekanan pada sendi.

Osteoartritis adalah penyakit degeneratif yang diakibatkan oleh pecahnya tulang rawan yang menutupi ujung sendi yang memudahkan pergerakan halus serta memberikan permukaan yang menyerap kejut. Bila tulang rawan sudah tidak ada lagi, ujung tulang yang berdekatan akan saling berbentur yang mengakibatkan rasa sakit, kekakuan, dan pembengkakan di sendi. Karena hilangnya kemampuan menyerap kejut, aktivitas benturan yang relatif tinggi, seperti berjalan, berlari atau bentuk latihan aerobik lainnya, akan memperburuk gejala ini.




Disebut juga terapi kolam renang, atau kadang-kadang terapi aqua atau hidroterapi, terapi air memberikan lingkungan ideal bagi pasien untuk berolahraga karena daya apung air akan menangkal tarikan gravitasi ke bawah, sehingga mengurangi bobot yang membebani persendian. Studi menunjukkan bahwa sampai 50% berat badan akan ditopang oleh air sedalam pinggang, sementara 90% berat badan akan ditopang oleh air sedalam hingga leher.

Pasien yang menderita osteoarthritis seringkali tidak dapat melakukan latihan di darat karena meningkatnya rasa sakit yang disebabkan oleh benturan tulang di perendian tersebut. Dalam media yang mendukung seperti air, pasien dapat melakukan latihan penguatan atau ketahanan dengan manfaat yang sama tapi dengan tekanan yang lembut, dan juga pengurangan rasa sakit.
Contoh latihan yang mirip dengan terapi fisik di darat tradisional meliputi:
  1. Peregangan paha belakang, punggung bawah, punggung bagian atas, dan leher.
  2. Latihan Penguatan, seperti menggunakan busa barbel yang bekerja melawan daya tahan air.
  3. Aerobik, seperti berjalan dalam air, ski cross country di air, atau joging di dalam air yang lambat untuk melonggarkan bagian bawah punggung dan pinggul.
  4. Ai Chi, bentuk turunan dari Tai Chi yang menggunakan gerakan lambat dan lembut serta fokus pada relaksasi dan mengendalikan pernapasan untuk mengembangkan keseimbangan, kekuatan, dan fleksibilitas sendi.
Semua latihan diatas akan menjadi lebih mudah dan efektif jika anda menggunakan sabuk apung khusus untuk terapi didalam air seperti AA WaterJogging Belt.
Selain itu, terapi air juga memiliki efek penting pada sistem kardiovaskular. Banyak Pasien telah menunjukkan peningkatan fungsi jantung dan meningkatkan sirkulasi ke otot dan sendi, yang membantu membangun kekuatan dan memfasilitasi proses penyembuhan berbagai penyakit.

bahan dari Spine Health





TOKO ONLINE



    Tentang Water Jogging Belt

    Page Count

    About Me

    Hillon I. Goa, Konsultan & Trainer: Transformasi Bisnis/Organisasi Publik, Manajemen Perubahan dan Leadership In Crisis.

    Alamat: Kec. Pinang - Tangerang
    Telp. 08129323182
    Email: hillon@consultant.com


    Hillon I. Goa