Level Selanjutnya

Meningkatkan Kecepatan Lari Anda
Anda harus berlatih untuk meningkatkan kecepatan dan mempertahankan laju, sedemikian rupa. Air menyediakan lingkungan yang memungkinkan pelatihan kecepatan melalui berbagai gerak tanpa impak dan benturan seperti halnya yang terjadi disebagian besar latihan lari. Bila dilakukan dengan benar, kecepatan menggerakkan kaki di  dalam air dapat lebih cepat daripada di darat. Karena tidak ada benturan dengan lantai yang memperlambat siklus gerakan, pelari sering mencapai siklus yang lebih tinggi per menit di dalam air daripada sesi latihan di darat.

Semakin cepat siklus lari Anda akan melatih respon neuromuskular dan memungkinkan serat berkedut lebih cepat untuk berlari pada tingkat yang lebih cepat. Adaptasi dari respon tersebut ke tingkat yang lebih cepat dari suatu aktivitas merupakan komponen utama dari peningkatan kecepatan. (Brennan masih bertanya-tanya seberapa besar latihan nya berlari di dalam air di tahun1994 bersama Leroy Burrell mempengaruhi Burrell memecahkan rekor dunia 9,85 detik di 100 meter olimpiade musim panas itu!)

Peringatan:

Anda dapat berlatih dgn berlebihan di dalam air seperti yang Anda bisa di darat. Tekanan utama dalam lingkungan air adalah pada sistem kardio-paru, sehingga Anda perlu waspada terhadap tanda-tanda kerusakan pada sistem ini. Berikan diri Anda kesempatan untuk memulihkan diantara sesi pelatihan. Gunakan sistem latihan Berat - Ringan jika Anda ragu tentang kondisi pemulihan Anda. Jika Anda menggunakan air untuk pemulihan dari latihan di darat, tetaplah gunakan latihan ringan dan jangan melampaui tingkat 2.

Air dangkal:
Jika Anda transisi dari program air dalam ke darat selama rehabilitasi, atau jika kolam Anda terlalu dangkal,
maka berlari di air dangkaladalah alternatif yang baik atau suplemen untuk berlari di air dalam. Anda hanya membawa sekitar 10% beban dari berat badan Anda saat berdiri mengapung di dalam air hingga sebatas bahu. Berlari di air dangkal adalah cara yang baik untuk memulai transisi dari air dalam dan secara bertahap menambah beban tubuh. Setelah satu atau dua minggu di tingkat bahu, berpindahlah ke level dada, ekivalen dengan beban sekitar 30%  ..

Setelah program berlari etinggi dada berjalan 2-3 minggu, tingkatkan latihan dengan air setinggi pinggul dimana beban tubuh sekitar 50%. Prosedur ini memungkinkan tubuh Anda untuk perlahan-lahan beradaptasi dengan impak berlari di darat. Saat memulai, biarkan sabuk flotasi tetap berada di pinggang Anda untuk mengurangi pembebanan. Begitu Anda telah meningkat, lepaskan sabuk untuk meningkatkan beban dan mempersiapkan diri untuk impak b.erlari di darat (lihat gambar di samping).

TOKO ONLINE



    Tentang Water Jogging Belt

    Page Count

    About Me

    Hillon I. Goa, Konsultan & Trainer: Transformasi Bisnis/Organisasi Publik, Manajemen Perubahan dan Leadership In Crisis.

    Alamat: Kec. Pinang - Tangerang
    Telp. 08129323182
    Email: hillon@consultant.com


    Hillon I. Goa