Mempertahankan bentuk berlari yang benar di kolam renang akan membantu Anda memaksimalkan efek pelatihan dari berlari di air dalam. Program yang terstruktur akan memberikan hasil yang lebih baik daripada hanya melompat di kolam renang dan berharap sesuatu akan terjadi. Brennan lebih suka menggunakan tiga bentuk monitoring intensitas di kolam renang. Anda akan membutuhkan sebuah jam tangan atau jam tepi kolam yang menunjukkan menit dan detik.

Detak Jantung:
Perubahan fisiologis yang terjadi ketika Anda terendam sampai ke leher Anda di dalam air akan menyebabkan detak jantung Anda menjadi 10-15% lebih rendah daripada upaya serupa di darat. Anda dapat menghitung detak jantung Anda sangat mudah dengan menyentuh arteri besar di leher dekat jakun Anda. Hitung selama sepuluh detik, lalu kalikan dengan enam untuk mendapatkan detak jantung per menit. Beberapa orang lebih memilih untuk mengambil detak jantung mereka di pergelangan tangan mereka. Brennan lebih suka untuk mengambil detak jantung segera setelah setiap interval. Gunakan metode hitungan 10 diatas atau bisa dengan alat monitor denyut jantung yang dirancang untuk digunakan di bawah air.

Irama:
Bentuk lain dari pemantauan intensitas Anda adalah dengan menghitung irama Anda. Brennan menggunakan cara menghitung berapa kali lutut kanan maju ke depan dan ke atas. Ia mulai menghitung 30 detik terakhir dari setiap interval. Dapatkan hitungan Anda lalu gandakan (x 2) untuk mendapatkan siklus per menit. Sulit bagi Anda untuk menggunakan jam tangan Anda untuk prosedur ini. Anda mungkin boleh melihat jam di kolam renang atau seseorang di dekat untuk menetapkan waktu mulai dan berhenti.

Seberapa Keras Usaha anda di Kolam Renang?
Brennan Rate of Perceived Exertion – RPE
Catatan:  Angka Siklus/menit di bawh adalah pendekatan untuk atlit berkondisi baik. Sesuaikan ukuran Irama tersebut dengan level latihan Anda.
Rate of Perceived
1
2
3
4
5
Pengerahan Tenaga
Sangat Ringan
Ringan
Cukup Berat
Berat
Sangat Berat
Irama
(Siklus/Menit)
60
60-70
70-80
80-90
90+
Ekivalen dengan Di Darat
Jalan Cepat
Joging Ringan
Joging Cepat
Lomba Lari
Sprint Track

Rate of Perceived Exertion (RPE):
Ini adalah sebuah skala subjektif yang sangat berguna untuk mengukur usaha Anda. Ia bekerja sangat baik jika Anda biasa melakukan latihan berlari di darat dan tahu siklus gerakan kaki Anda berikut pola pernapasan yang dihasilkan untuk setiap tingkat tenaga. Brennan menggunakan skala dengan 5 dengan tingkat intensitas mulai dari sangat ringan sampai yang sangat berat (lihat tabel diatas).

Brennan menyarankan untuk individu yang tidak dalam kondisi baik harus mengurangi sekitar 10 siklus / menit. atau lebih untuk setiap tingkat dan bagi pelari dapat menaikkan siklus / menit sedikit lebih tinggi . (untuk durasi yang lebih singkat).

Tingkat Intensitas:

Sangat Ringan.
Seperti jalan cepat di taman. Tingkat ini untuk pemanasan  dan pendinginan.

Ringan.
Joging santai. Kecepatan yang baik untuk pemulihan aktif dari sesi latihan keras di darat atau kompetisi. Ini juga merupakan tingkat yang baik untuk memulai jika Anda baru memulai program kardiovaskular atau sedang belajar teknik berlari di dalam air.

Agak Berat.
Ekivalen dengan joging cepat. Ini adalah kecepatan di mana Anda akan meningkatkan dari latihan lari reguler antara tiga sampai lima km.

Berat.
Ini seperti berlari dengan kecepatan lomba atau kecepatan Anda dalam kompetisi olahraga Anda. Anda harus dapat mempertahankan kecepatan ini selama 3 sampai 10 menit atau bahkan lebih lama jika Anda seorang pelari jarak jauh.

Sangat Berat.
Ini adalah sprint all-out dan tingkat yang penting bagi sebagian besar pelari atau pelari jarak jauh yang sedang mencoba untuk meningkatkan kecepatan berlari mereka. Hal ini serupa dengan berlari sprint all-out dengan interval di track yang biasa digunakan dalam pelatihan untuk olahraga lainnya. Intervalnya pendek berkisar dari 15 detik sampai 2 menit tergantung pada kecepatan dan tingkat kondisi Anda.