Berikut ini adalah langkah-langkah untuk berlatih menggunakan AA Water Jogging Belt Bagi yang belum bisa berenang tetapi harus terapi berenang: 1.    

1. Ajak seseorang yg BISA berenang untuk membantu Anda dengan memberi contoh mempergunakan AA Water Jogging Belt dan menjaga agar anda tidak berada dalam bahaya tenggelam. 

2. Minta yg BISA berenang memakai AA Water Jogging Belt dan masuk di tempat yg airnya dalam dan memberi contoh bagaimana dengan mudah dapat terapung hanya dengan menggerakkan kaki dan tangan seperti orang berlari atau mendayung sepeda

3.     Siapkan mental. Bersikaplah POSITIF bahwa kamu BISA  dan akan aman karena menggunakan pelampung dan ada yang menjaga. Hilangkan perasaan takut atau ragu-ragu karena anda ingin SEMBUH, karena itu harus berani mencoba memakai AA Water Jogging Belt!

4 .Giliran Anda sekarang! Pasang AA Water Jogging Belt (WJB) tepat melingkari pusar atau sedikit di bawah pusar. Dari depan tampak persis di bawah rusuk.

5 . Kencangkan AA Water Jogging Belt agar tidak mudah bergeser sewaktu menggunakannya di dalam air. Caranya dengan menyesuaikan tali gesper disebelah kiri dan/atau sebelah kanan.

6. Pergilah ke bagian kolam perbatasan antara air dangkal dengan air dalam,  atau dekat dengan DINDING / TEPI kolam. Mulailah masuk pelan-pelan dari bagian yg dangkal menuju yg dalam hingga SEBATAS LEHER. Mulailah melakukan gerakan seperti berlari di darat atau mendayung sepeda.

Mintalah orang yg BISA berenang berada di dekat Anda untuk menjaga Anda .

7. Bila perlu gunakan seutas tali yang diikatkan ke sabuk AA Water Jogging Belt dan ujung yang lain dipegang oleh orang lain di luar kolam, untuk menolong anda jika anda mengalami kesulitan

8. TETAP BERSIKAP TENANG, Jangan Panik karena panik akan membuat anda semakin kesulitan!


9. Biasanya hanya dalam hitungan menit anda akan terbiasa menggunakannya, dan bias ke air yang dalam.
-        SELAMAT BERLATIH --