OLAHRAGA BUGAR YANG BAGUS BAGI PENSIUNAN


Kita semua tahu bahwa Kesehatan dan kebugaran adalah hal yang sangat penting untuk mendukung aktivitas kita di masa emas masa pensiun. Banyak orang yang ingin tetap bugar tapi terkendala oleh kondisi fisik yang tidak memungkinkannya berolahraga misalnya jalan kaki atau jogging karena kakinya yang osteoporosis atau berat badan berlebihan shg bisa cedera.

Jalan kaki dan jogging adalah olahraga yang baik untuk menjaga kebugaran, namun kondisi kaki dan juga umur sering menjadi kendala karena bisa cedera. Jangan kuatir, karena saat ini hal tersebut bisa diatasi dengan mudah. Anda tetap bisa berjalan bahkan berlari tanpa takut cedera atau kehabisan napas! Caranya adalah dengan melakukan JOGGING DI DALAM AIR (Water Jogging).


Jogging di air adalah Gerakan berlari atau berjalan yang persis sama dengan di darat, tetapi disini di dalam air. Ini bisa dilakukan dengan menggunakan  Sabuk untuk Berlari di Dalam Air seperti “AA WATER JOGGING BELT”. Sabuk ini memungkinkan anda terapung secara tegak di dalam air dengan bagian kepala di atas air.


 Dengan memakai sabuk ini, Anda tinggal menggerakkan kaki dan tangan seperti berjalan atau berlari di darat tanpa merasa takut tengggelam atau “keblebeg”, dan tanpa takut cedera karena sebagian besar berat badan kita sudah ditopang  daya tekan keatas oleh air.

Berlari di dalam air seperti ini sama efektifnya dengan berlari di darat namun bebas cedera dan tidak memacu jantung Anda secara berlebihan. Aman dan Nyaman bagi orang tua dan efektif.

Intensitas Gerakan bisa diatur oleh kita sendiri, mau cepat atau lambat, kita yang menentukan. Penelitan mengukur kesetaraan / ekivalen antara jogging di air dan jogging di darat sebagai berikut (lihat tabel):


Jika Gerakan kaki naik turun (siklus) per menit 60 kali, itu setara dengan JALAN CEPAT di darat.

Jika Gerakan kaki naik turun per menit  60-70 kali, itu setara dengan JOGGING RINGAN di darat.

Jika Gerakan kaki naik turun per menit  70-80 kali, itu setara dengan JOGGING CEPAT di darat.

Jika Gerakan kaki naik turun per menit 80-90 kali, itu setara dengan LOMBA LARI 5 KM di darat.

Jika Gerakan kaki naik turun per menit diatas 90 kali, itu setara dengan SPRINT di TRACK.

 Jadi kita tinggal atur saja kecepatan kaki kita seperti GOWES sepeda, mau cepat atau lambat atur sendiri.

Jadi dengan begini, Anda tetap bisa menjaga kebugaran dengan tetap bejalan atau berlari tanpa takut cedera atau resiko lainnya.

Selamat berolahraga semoga tetap sehat dan bugar dan tetap bisa beraktivitas yang bermanfaat bagi orang lain.



AA Water Jogging Belt Ada DISINI. Klik Gambar dibawah



    Tentang Water Jogging Belt

    Page Count

    About Me

    Hillon I. Goa, Konsultan & Trainer: Transformasi Bisnis/Organisasi Publik, Manajemen Perubahan dan Leadership In Crisis.

    Alamat: Kec. Pinang - Tangerang
    Telp. 08129323182
    Email: hillon@consultant.com


    Hillon I. Goa